Gibran Buka Suara terkait Foto Viral Duduk di Meja Depan Menteri Basuki

oleh -13.201 views
Gibran duduk di atas Meja depan Menteri Basuki (Foto: Istimewa)
Bagikan:

Semarang – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka disebut tidak sopan karena didug duduk di atas kuris di depan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Menanggapi hal itu, Gibran mengaku tempat duduk itu bukan meja, melainkan kursi berundak untuk penonton.

“Kan sudah dijelaskan sama yang punya rumah. Itu bukan meja tapi kursi yang kayak tribun itu lho,” kata Gibran saat ditemui di sela peninjauan Lapangan Latihan Piala Dunia U-23 Kota Barat, Senin (29/3/2021).

Peristiwa tersebut terjadi saat Gibran bersama Basuki meninjau kawasan Gatot Subroto yang rencananya digarap menjadi Malioboro ala Kota Solo.

Saat itu, mereka menyempatkan diri mampir di MasDon Art Center yang dikelola Sardono. Dalam foto yang beredar, Gibran tampak duduk di posisi lebih tinggi daripada Basuki dan Sardono.

Putra sulung Presiden Joko Widodo juga mengaku bahwa dirinya diminta Menteri Basuki untuk duduk di kursi lebih tingi agar lebih nyaman.

READ  Pemerintah Beri Subsidi Biaya Premi AUTP 80 Persen

“Pak Basuki minta saya duduk di situ karena memang lagi diskusi, jadi biar posisinya berhadap-hadapan,” katanya.

Turut hadir dalam kejadian itu, Guru Besar Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Sardono W Kusumo menyebut tempat duduk Gibran itu merupakan kursi penonton.

“Itu tempat duduk penonton untuk acara pertunjukan seni. Justru tempat duduk di bawah itu biasa dipakai tamu undangan,” katanya.

Sardono menambahkan, Gibran awalnya hendak duduk di kursi yang selevel di samping Basuki. Ia pindah ke kursi yang lebih tinggi karena diminta oleh Basuki.

“Awalnya Mas Gibran mau duduk di samping Pak Basuki. Sama Pak Basuki diminta duduk di atas karena kita mau diskusi,” katanya.

Polemik Gibran duduk di atas kursi lebih tinggi itu sebelumnya ramai di media sosial. Lebih ramai lagi ketika Rizal Ramli turut berkomentar dalam akun Twitternya @RamliRizal pada Minggu (28/3) kemarin.

“Sejak kapan Mas Basuki @KementrianPU jadi bawahan Walikota ? kopas: Menteri PUPR Kunker Ke Solo Gibran Duduk Di Meja, Basuki Duduk Di Kursi,” demikian tulis Rizal Ramli di Twitternya.

Cuitan Rizal membakar emosi para warganet. Cercaan pun menghujani Gibran. Ada yang menyebut, Gibran tidak sopan karena duduk di tempat lebih tinggi di depan orang yang lebih tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *