Kesaksian Juru Parkir yang Menghadang Pembawa Bom Gereja Makassar

oleh -13.074 views
Ilustrasi Ledakan Bom sumber: IJS Media Network
Bagikan:

Makassar – Saat Cosmas Balalembang (52) mengadang pengendara motor masuk Gereja Katedral di Jalan Kajaolalido, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3) pagi, sebuah meledak. Dirinya pun mengalami luka bakar.

Cosmas adalah seorang juru parkir yang sudah bekerja 10 tahun di Gereja Katedral itu. Saat itu ia tengah mengatur keluar masuk kendaraan jemaat pada transisi misa kedua ke misa ketiga.

Dia lalu melihat sepeda motor yang ditumpangi dua orang memaksa masuk ke area Gereja. Dengan alasan ibadah telah usai, dan ada lalu lalang jemaat dari gereja, dia melarang pengendara motor itu dengan tubuh kecilnya.

“Waktu itu beberapa umat mau keluar, pagar mulai terbuka. Ada yang keluar dan ada yang masuk,” ujar Cosmas di RS Bhayangkara Makassar, Senin (29/3/2021)

Saat dirinya menahan pemotor yang kemudian diketahui pasangan suami istri, sebuah bom meledak. Jaraknya dengan pusat ledakan hanya 2 meter.

READ  KNKT Terima Tawaran Kerjasama Investigasi Sriwijaya Air dari AS

“Jadi saya tahan. Tiba-tiba meledak, langsung saya bilang ‘Tuhan tolong saya’,” cetusnya.

Akibat ledakan bom itu, Cosmas mengalami luka bakar di bagian depan badannya meski tidak serius jika dibandingkan kekuatan bom. Sementara, tubuh pelaku bom bunuh diri hancur.

Atas usahanya menahan dua pemotor itu, ratusan anggota jemaat yang masih berada di dalam maupun di luar gedung Gereja terselamatkan.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, selain dua pelaku bom bunuh diri itu. Meski begitu, 19 orang mengalami luka-luka, termasuk Cosmas.

Kini, Cosmas yang terkena luka bakar bersama sejumlah korban lainnya dirawat di RS Bhayangkara setelah sebelumnya mendapat tindakan pertama dari RS Stella Maris. Di sana, pengobatannya menjadi tanggungan negara.

Sejumlah pejabat pun menjenguk para korban di RS Bhayangkara, Makassar, Senin (29/3, mulai dari Wali Kota Makassar Danny Pomanto, Plt. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

“Kemarin juga saya ke sini, dan hari ini sudah ada kemajuan. Kita harap semoga cepat pulih,” ucap Danny.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *