Tinjau Gempa Sulbar, Jokowi Janji Bangun Kembali Fasilitas Umum dan Rumah Penduduk

oleh -2.239 views
Presiden Jokowi meninjau lokasi gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. (Foto : Freemalaysiatoday.com)
Presiden Jokowi meninjau lokasi gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. (Foto : Freemalaysiatoday.com)
Bagikan:

Laporan Hari Ke-6 Gempa Sulbar

Mamuju – Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbang ke Mamuju, Sulawesi Barat, (19/01/2021) untuk meninjau penanganan bencana gempa bumi di Sulawesi Barat.

Presiden Jokowi bersama rombongan bertolak Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma sekitar pukul 07.35 WIB menuju Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Pesawat mendarat di Bandar Udara Tampa Padang, Mamuju, Sulawesi Barat.

Di Mamuju presiden melihat-lihat secara langsung titik-titik yang mengalami kerusakan parah akibat gempa bumi 6,2 Skala Richter ini.

Dari Mamuju, presiden Jokowi menuju Kabupaten Majene, melakukan aktifitas yang sama, meninjau kerusakan rumah warga beserta sarana umum yang berlokasi di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah pusat akan membangun kembali infrastruktur yang roboh dan membantu
masyarakat mendirikan kembali rumah-rumah mereka.

Pemerintah Indonesia akan memberikan sebanyak 50 juta rupiah untuk pembangunan kembali rumah-rumah yang “rusak berat”, sementara rumah-rumah dengan kerusakan “sedang” dan “ringan” akan diberikan masing-masing sampai dengan 25 juta rupiah dan 10 juta rupiah.

“Kami berharap dengan bantuan pemerintah pusat, pemulihan rumah yang roboh, pemulihan ekonomi, pemulihan proses pelayanan di pemerintahan dan birokrasi juga dapat berjalan normal,” kata Jokowi.

Turut serta dalam rombongan ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. (Mjr/IJS)

READ  Petani, Pedagang, dan Pegiat Literasi Gowa Sedekah Sayur untuk Korban Gempa Sulbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *